Logo Network
Network

Ekonomi RI Tumbuh 5,4%, Mentan Sebut Sektor Pertanian Jadi Andalan

Fio Revel
.
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 16:50 WIB
Ekonomi RI Tumbuh 5,4%, Mentan Sebut Sektor Pertanian Jadi Andalan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto/Istimewa

Mandailing Natal, Inews.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sektor pertanian adalah salah satu pendorong utama ekonomi pada kuartal II 2022. Hal itu dapat dilihat dari andil sektor pertanian yang tumbuh sebesar 5,44% mencapai 12,98%.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan sektor pertanian selalu menjadi bantalan ekonomi dalam tiga tahun terakhir setelah sektor lain mengalami pelambatan.

"Kita ingat bahwa semua negara mengalami turbulensi yang sama. Pandemi merebak ke seluruh dunia, perubahan cuaca atau climate change membuat cuaca berubah. Belum lagi kita menghadapi geopolitik perang Rusia dan Ukraina. Namun pertanian Indonesia selalu hadir dan menjadi bantalan ekonomi," kata Mentan, pada pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (5/8/2022).

Mentan mengatakan Indonesia kemungkinan dinilai sangat kecil akan terjadi resesi. Ia mengatakan jika dibadingkan dengan berpeluang resesi Sri Langka yang medapat 85% dan Selandia Baru sebesar 33%, Negara Indonesia sangat jauh dengan angka 3% untuk peluang resesinya.

"Saya melihat inflasi di sejumlah negara terus mengalami kenaikan. Di Uni Eropa mencapai 9,6%, Amerika 9,1%, Inggris, 8,2%, Korea 6,1%. Tapi di Indonesia, alhamdulillah masih terjaga di angka 4,4%," lanjutnya.

Dia menyebut salah satu faktor adalah konsistensi dalam menyediakan pangan yang cukup. Misalnya, produksi beras nasional pada tahun 2019 mencapai 31,31 juta ton, meningkat di tahun 2020 menjadi 31,36 juta ton dan di tahun 2021 sebesar 31,33 juta ton. Di sisi lain, ekspor pertanian dari tahun ke tahun juga mengalami kenaikan yang diikuti kenaikan NTP maupun NTUP.

Lebih lanjut, sektor pertanian merupakan aspek penting dalam menunjang kehidupan manusia, karena di Indonesia 270 juta jiwa yang membutuhkan makanan setiap harinya, dan Pertanian adalah penjaga dari semua pintunya ekonomi Indonesia.

"Kita terus dorong penguatan sektor pertanian karena pangan tidak boleh berhenti. arahan presiden meminta penguatan produksi pangan nasional, dan itu kita terus lakukan," pungkasnya.

Editor : Abdulloh Hilmi

Follow Berita iNews Madina di Google News

Bagikan Artikel Ini