get app
inews
Aa Read Next : Jalan Nasional Tapanuli Selatan-Madina yang Ambles Akibat Banjir Bandang Sudah Dapat Dilintasi.

Hari Pendidikan Nasional, SDN di Panyabungan Siswa Masih Belajar di Lantai

Selasa, 02 Mei 2023 | 16:23 WIB
header img
SDN 041 Panyabungan karena kekurangan ruang belajar atau kelas sejumlah siswa harus belajar di lantai sekolah dan juga ruang guru yang sengaja disulap menjadi ruang belajar. Foto: Ahmad Husein Lubis

MADINA, iNewsMadina.id - Hari pertama masuk sekolah 2 Mei 2023 setelah libur puasa dan hari raya Idul Fitri yang juga bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional disambut antusias para siswa.

Namun ironisnya sejumlah siswa di sebuah sekolah dasar di Mandailing Natal, Sumatra Utara masih harus merasakan belajar di lantai sekolah karena sekolah kekurangan ruang kelas.

Meski diperingati setiap tahun dan pemerintah setiap tahun selalu berjanji meningkatkan mutu pendidikan anak bangsa namun nyatanya sejumlah siswa di salah satu sekolah dasar di Mandailing Natal (Madina) masih harus belajar dengan kondisi memperihatinkan.

Seperti yang terjadi di SDN 041 Panyabungan karena kekurangan ruang belajar atau kelas sejumlah siswa harus belajar di lantai sekolah dan juga ruang guru yang sengaja disulap menjadi ruang belajar.

“Kondisi ini sudah dilakoni para siswa di sekolah ini selama bertahun tahun namun hingga kini belum ada perhatian dari pemerintah setempat untuk membangun ruang kelas baru,” ujar  Zulfahmi selakau Kepala SDN 041 Panyabungan.

Terkait masalah tersebut, Bupati Madina Jakfar Sukhairi Nasution berjanji akan memaksimalkan anggaran pendidikan di tahun 2023 untuk menyediakan ruang belajar baru bagi sekolah sekolah yang kekurangan kelas.

Selama 2 tahun terkahir Dinas Pendidikan Mandailing Natal mengaku telah mengalokasikan anggaran untuk perbaikan maupun pembangunan sekolah baru terutama di wilayah wilayah terpencil.

Hanya saja terkadang anggaran yang tersedia belum mencukupi untuk membangun sarana pendidikan yang jumlahnya begitu banyak.

 

 

 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Madina di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut