get app
inews
Aa Read Next : Lansia di Madina Ditemukan Tewas Berlumuran Darah Diterkam Harimau Sumatera

140 Polisi Siap Jalankan Misi di Afrika Tengah

Selasa, 19 September 2023 | 19:23 WIB
header img

Jakarta, iNews.id - Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., memimpin Upacara Pelepasan Kontingen Garuda Bhayangkara (Garbha) Satgas FPU 5 MINUSCA di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/9). Korps Bhayangkara kembali mengirimkan pasukan terbaik dan terpilihnya untuk menjalankan misi pemeliharaan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Bangui, Republik Afrika Tengah yang diikuti 140 personel Polri dengan rincian 116 Polki (Polisi Laki-laki) dan 24 Polwan (Polisi Wanita). "Kontingen ini beranggotakan personel-personel tangguh yang sudah melalui proses seleksi dan assessment, serta dibekali dengan pelatihan pra penugasan sesuai standar PBB selama 7 bulan," jelas Kapolri.

Polri sendiri sejak tahun 1989 telah mengirimkan 3.184 personel sebagai Formed Police Unit (FPU) maupun Individual Police Officer (IPO) pada 21 misi di 19 Negara.

Oleh karena itu, Polri berhasil menempati peringkat ke-11 pada kategori kepolisian negara yang paling berkontribusi dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB (Police Contributing Country)

Listyo menekankan, menjadi pasukan perdamaian merupakan suatu kehormatan dan kebanggaaan yang luar biasa.

Menurut Listyo, hal itu bukan hanya berkontribusi pada perdamaian dunia, melainkan juga merupakan etalase yang membawa nama harum bangsa Indonesia di dunia.

"Untuk itu, keberhasilan misi menjadi harga mati yang harus diperjuangkan. Melalui misi ini, rekan-rekan diharapkan berkontribusi terhadap stabilitas keamanan dan penyelesaian konflik di tempat penugasan, serta juga meningkatkan international trust terhadap Indonesia," ucap Listyo.

Lebih dalam, Listyo memberikan instruksi untuk dipedomani kepada seluruh kontingen tersebut dalam menjalankan tugas perdamaian.

Menurut Sigit, personel harus segera beradaptasi dengan situasi di wilayah misi dan hindari segala bentuk penyimpangan sekecil apapun demi menjaga nama baik institusi Polri dan bangsa Indonesia.

"Jadikan perlindungan kepada masyarakat sebagai prioritas utama. Jaga terus kekompakan dan soliditas internal Kontingen Garbha Satgas FPU 5 MINUSCA dan sinergi dengan kontingen negara lainnya, Pemerintah/ Kepolisian setempat serta organisasi internasional, sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas," papar Listyo.

Listyo menegaskan, tanamkanlah kebanggaan bahwa misi ini adalah tugas mulia yang membawa manfaat bagi kemanusiaan dan perdamaian dunia.

Editor : Khansa Fadli

Follow Berita iNews Madina di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut