get app
inews
Aa Read Next : Perindo Sumut Minta Pemda Lakukan Upaya Stabilkan Harga Pangan

Harga Cabai di Medan Masih Tinggi, Rp100 Ribu Per Kilogram

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:58 WIB
header img
Harga komoditi cabai merah di Sumatera Utara masih bertahan tinggi. Bahkan di tengah tren penurunan harga komoditi pangan lain, harga cabai merah kini menembus Rp130 ribu per kilogram. Foto ilustrasi SINDOnews 

MEDAN, iNews.id - Harga komoditi cabai merah di Sumatera Utara masih bertahan tinggi. Bahkan di tengah tren penurunan harga komoditi pangan lain, harga cabai merah kini menembus Rp130 ribu per kilogram. 

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) harga cabai merah di Pasar Induk Tuntungan, Medan pada malam hingga dini tadi masih diperdagangkan di harga Rp100 ribu per kilogram. 

Bukannya turun, menjelang penutupan perdagangan besar di pagi hari, harga cabai merah justru naik menjadi Rp106 ribu per kilogram. 

Kenaikan harga yang justru terjadi di pagi hari menjelang subuh, menunjukkan kalau pasokan dari luar wilayah Sumut mengalami penurunan. Umumnya pasokan cabai dari luar wilayah Sumut, khususnya dari Takengon, Aceh, masuk ke pasar induk di atas jam 1 pagi dini hari. 

"Pasokan dari luar Sumut tidak mampu menekan harga cabai merah yang dibuka sejak Isya sudah diharga Rp100 ribu per kilogramnya. Alhasil, harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di kota medan meroket mencapai 110 ribu per," kata Pengamatan Ekonomi, Gunawan Benjamin, Senin (27/6/2022). 

Editor : Abdulloh Hilmi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut