get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kuda Malaikat Jibril Menggoda Kuda Firaun Mengejar Nabi Musa

Kisah di Alam Kubur, Malaikat Munkar Nakir Dibentak Umar bin Khattab 

Selasa, 25 Oktober 2022 | 13:52 WIB
header img
Sosok Umar bin Khattab tak hanya dikenal tegas dan berani saat dunia, beliau juga sangat berani menghadapi Malaikat Munkar Nakir di alam kubur. Foto/dok Calm Channel 

Madina.iNews.id - Kisah yang menakjubkan di alam kubur (alam barzakah) dialami pengalaman Sayyidina Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu saat bertemu dengan Malaikat Munkar Nakir. Malaikat ini dikenal keras dan menyeramkan. 

Sementara itu, Umar bin Khattab dikenal sebagai pemimpin tegas dan berani hingga ditakuti oleh setan dan orang-orang munafik. Bahkan, malaikat Munkar Nakir pun dibentaknya.

Ternyata beliau juga disegani Malaikat Munkar dan Nakir. Berikut kisahnya diceritakan dalam Kitab "Al-Imam Fi Bayan Adillati Al-Ahkam" karya Izzudin bin Abdissalam. Kisah Umar membentak Malaikat Munkar Nakir ini juga diketengahkan dalam Kitab Nashaihul Ibad karya Syaikh Nawawi Al-Bantani. 

Kisah ini diceritakan oleh Sayyidina Ali bin Abi Thalib yang pernah meminta Kasf (terbukanya tirai gaib) kepada Allah untuk melihat Umar di alam kubur. Ketika dalam kondisi Kasyaf, Sayyidina Ali dapat melihat Umar atas izin Allah. Sebagaimana disebut dalam riwayat, Malaikat Munkar dan Nakir ketika menjalankan tugasnya selalu mendatangi mayit dengan rupa yang menakutkan.

Wajahnya sangat hitam dengan kedua matanya melotot seperti tonjolan kendi tembaga. Kedua Malaikat ini juga memegang palu besi yang andaikan gunung-gunung dipukul dengan palu itu maka akan hancur lebur. Matanya seperti kilat menyambar, suaranya seperti gemuruh petir. Jika berbicara maka akan keluar api dari mulutnya. 

Editor : Ahmad Chairuman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut