get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kuda Malaikat Jibril Menggoda Kuda Firaun Mengejar Nabi Musa

Kesaksian Maurice Bucaille dan Tafsir Surat Yunus  tentang Jasad Raja Firaun 

Selasa, 25 Oktober 2022 | 15:50 WIB
header img
Mumi Firaun: Allah menyelamatkan badan Firaun supaya dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang di masa datang/ Foto/Ilustrasi: al-arabiya 

Madina.iNews.id - Setelah mati tenggelam di laut bersama 100.000 pasukannya, jasad Firaun terselamatkan terlempar di darat. Hal ini menjadi bukti kepada Bani Israil bahwa Firaun benar-benar sudah mati. 

Ibnu Katsir saat menafsiran surat Yunus ayat 92 menjelaskan Allah SWT memerintahkan kepada laut agar mencampakkan tubuh Fir'aun secara utuh tanpa roh dengan memakai baju besinya yang terkenal itu ke daratan yang tinggi agar mereka dapat mengecek kebenaran atas kematiannya. 

Sementara itu, Prof Dr Maurice Bucaille dalam bukunya berjudul "La Bible Le Coran Et La Science" dan diterjemahkan Prof Dr HM Rasyidi menjadi "Bibel, Quran, dan Sains Modern" (Bulan Bintang, 1979) mengatakan bahwa pada waktu al-Quran disampaikan kepada manusia oleh Nabi Muhammad SAW, semua jenazah Fir'aun-Fir'aun yang disangka ada hubungannya dengan eksodus oleh manusia modern terdapat di kuburan-kuburan kuno di lembah raja-raja (Wadi al Muluk) di Thebes, di seberang Nil di kota Luxor. 

Pada waktu itu manusia tak mengetahui apa-apa tentang adanya kuburan tersebut. Baru pada abad 19 orang menemukannya seperti yang dikatakan oleh al-Quran. Pada waktu ini jenazah Fir'aun eksodus disimpan di Museum Mesir di Kairo di ruang mumi, dan dapat dilihat oleh penziarah. 

Jenazah Mineptah yang sudah diawetkan, anak dari Ramses II yang dapat dipastikan sebagai Fir'aun Eksodus, ditemukan orang pada tahun 1898 oleh Loret, di Thebes, di lembah Raja-raja (Wadi al-Muluk). Elliot Smith membuka perban-perbannya pada tanggal 8 Juli 1907. 

Dalam bukunya The Royal Mummies (1912) ia menjelaskan apa yang dikerjakan dalam membuka mumia tersebut dan memeriksa badannya. Pada waktu itu mumi tersebut dapat dikatakan dalam keadaan baik walaupun ada kerusakan di beberapa bagian. 

Editor : Ahmad Chairuman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut