Ragam Fakta Unik Masjidil Haram, Apa Sajakah?

Rusman H Siregar
.
Jum'at, 18 November 2022 | 11:08 WIB
Masjidil Haram di Mekkah Foto: dok. itl.cat

Jakarta, Madina.iNews.id –  Masjidil Haram Mekkah menduduki tempat paling mulia di muka bumi di samping Masjid Nabawi Madinah dan Masjid Al-Aqsha (Baitul Maqdish) di Palestina. 

Masjidil Haram merupakan tempat paling suci sekaligus kiblat bagi umat Islam di dunia. Di dalamnya terdapat Ka'bah yang suci dan dimuliakan Allah. Masjid pertama di muka bumi ini memiliki fakta-fakta yang unik. Salah satunya menjadi bangunan termahal di dunia yang biaya pembangunannya sangat fantastis. 

Masjidil Haram sejak dibangun pertama kali oleh Nabi Ibrahim setelah itu mengalami banyak perkembangan dan perluasan. 

Perluasan Masjidil Haram pertama kali dilakukan oleh Umar bin Khattab dan kemudian diperluas oleh Khalifah berikutnya. Proyek pemugaran dilakukan pada masa kekhalifahan Islam dan kemudian renovasi besar-besaran pada masa kekuasaan raja-raja Saudi hingga Raja Salman bin Abdulaziz. 

Berikut 20 fakta unik Masjidil Haram Mekkah yang bersumber dari kajian Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq dan beberapa sumber lainnya. 

1. Masjid Pertama di Muka Bumi

Abu Dzar pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW. "Wahai Rasulullah, masjid apa yang pertama kali dibangun di muka bumi?" Beliau menjawab: "Masjid Al-Haram." Abu Dzar berkata: Lalu apalagi?" Beliau menjawab: "Masjid Al-Aqsha." Aku bertanya lagi: "Berapa lama jarak keduanya?” Beliau menjawab: "Empat puluh tahun." (HR Al-Bukhari 3186, Muslim 520) 

Imam Ibnu Al-Jauzi menjelaskan, yang dibangun adalah fondasinya masjid. Adapun orang pertama yang membangun Ka'bah menurut Nash Al-Qur'an adalah Nabi Ibrahim 'alaihissalam. 

Riwayat lain menyebutkan pertama kali membangun Ka'bah adalah Nabi Adam, kemudian anak-anaknya menyebar di muka bumi. (Ibid) 

2. Sholat di Masjidil Haram Lebih Utama 100 Ribu Kali dari Masjid Lain 

Fakta selanjutnya, siapa yang sholat di Masjidil Haram akan mendapat keutamaan melebihi masjid-masjid lain di muka bumi. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: 

"Sholat di masjidku ini (Masjid An-Nabawi) lebih utama seribu kali dibanding masjid 

selainnya kecuali Masjidil Haram. Dan sholat di Masjidil Haram lebih utama 100.000 kali dari (masjid) selainnya." (HR Ahmad dan Ibnu Majah) 

 

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini