get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Jamaah Haji Indonesia Sudah di Makkah

Ragam Fakta Unik Masjidil Haram, Apa Sajakah?

Jum'at, 18 November 2022 | 11:08 WIB
header img
Masjidil Haram di Mekkah Foto: dok. itl.cat

Masjidil Haram. (Foto: dok. Reuters)

3. Zona Larangan Terbang (No Fly Zone) 

Bahwa kawasan Masjidil Haram terkhusus tepatnya di atas Ka'bah, diperlakukan aturan "No fly zone" atau larangan adanya pesawat melintas di atasnya. Ka'bah adalah sebuah bangunan yang terletak di tengah Masjidil Haram. 

Tempat ini merupakan tempat paling disucikan sekaligus menjadi kiblat sholat umat muslim di muka bumi. 

4. Bangunan Termahal di Dunia Masjidil Haram berada di puncak daftar bangunan termahal di muka bumi hingga saat ini. Pembangunan Masjid ini menelan biaya 100 Miliar Dollar AS atau setara Rp1.500 Triliun (kurs Rp15.000 per US Dolar). 

Nilai tersebut jauh di atas Menara Abraj Al-Bait di Kota Mekkah senilai 16 Miliar Dollar AS. Atau Resor mewah Marina Bay Sands Singapura senilai US$ 5,5 Miliar. 

5. Memiliki Luas Setara 88 Kali Lapangan Bola 

Memiliki luas 356.800 meter persegi, atau setara 88 kali lapangan bola. Saking luasnya, Masjidil Haram mampu menampung sekitar dua juta orang. 

6. Buka 24 Jam Sehari 

Buka 24 jam sehari, tidak pernah benar-benar ditutup selama lebih dari 1400 tahun, dan menerima 20 juta pengunjung setiap tahunnya. Kendati pernah ditutup untuk peziarah umum karena pandemi, Masjidil Haram tetap dibuka bagi orang-orang yang mendapat izin. 

7. Lantai yang Sangat Sejuk

Lantai Majidil Haram berada di area terbuka akan selalu dingin meski tersengat di bawah teriknya matahari. Hal ini karena bahan marmer dan penanganannya yang khusus. 

Editor : Ahmad Chairuman

Follow Berita iNews Madina di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut