get app
inews
Aa Read Next : Sang Suami Bersama Dengan Perempuan Lain , Istri Minum Racun di Depan Suami

6 Sunnah Seorang Istri kepada Suami yang Wajib Dipahami, Apa Saja?

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 22:07 WIB
header img
Sunnah seorang istri kepada suami sangat ditekankan dalam Islam, karena hal itu menjadi salah satu sumber kebahagian dalam rumah tangga. Foto istimewa

2.    Memakai Wewangian 

Seorang isteri tidak boleh meremehkan kebersihan dirinya, sebab kebersihan merupakan bagian dari iman. Dia harus selalu mengikuti sunnah, seperti membersihkan dirinya, mandi, memakai minyak wangi dan merawat dirinya agar ia selalu berpenampilan bersih dan harum di hadapan suaminya, 

Minyak wangi merupakan salah satu sarana mempercantik diri yang boleh digunakan perempuan. Dan boleh para Istri menggunakan parfum sesuka hatinya di depan suaminya. 

Rasulullah Shallalahu 'Alaihi wa Sallam bersabda : “Sebaik-baik isteri adalah yang menyenangkan jika engkau melihatnya, taat jika engkau menyuruhnya, serta menjaga dirinya dan hartamu di saat engkau pergi.” (HR. ath-Thabrani).

Bahkan dalam hadis yang dikabarkan oleh Aisyah Radhiallahuanhuma yang diriwayatkan Imam Muslim, an-Nasa'i, dan Abu Dawud dinyatakan bahwa wanita dianjurkan membersihkan diri setelah haid dengan minyak kasturi. Termasuk juga membersihkan bekas darah haid (di pakaiannya) dengan sikat yang dibubuhi minyak kasturi. 

3.    Sunnah menghadapkan wajah kepada suami saat tidur (tidak boleh membelakangi suami ketika tidur seranjang) 

Seorang ulama bahkan melarang istrinya tidur dengan membelakangi suaminya (memunggungi suaminya). Kecuali sebelum tidur istrinya sudah minta keridhoan suami atau minta izin untuk berbalik badan demi kenyamanan tidurnya. Ini merupakan wasiat yang sangat berharga dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diberikan kepada para wanita Muslimah. 

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam memperingatkan mereka agar para istri tidak menjauhi tempat tidur suami dan berpaling dari suami tanpa ada udzur menurut ukuran syari’at, seperti sakit yang keras. Bahkan haid bukan merupakan udzur untuk menjauhi tempat tidur suami. Sebab suami memiliki hak untuk mencumbui istrinya selain yang ditutupi kain bawah. 

Editor : Ahmad Chairuman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut