get app
inews
Aa Read Next : Jalan Nasional Tapanuli Selatan-Madina yang Ambles Akibat Banjir Bandang Sudah Dapat Dilintasi.

Petani di Puncak Sorik Marapi dapat Bantuan Jahe Putih dari Pemerintah

Kamis, 01 Desember 2022 | 14:32 WIB
header img
Petani di Puncak Sorik Marapi dapat Bantuan Jahe Putih dari Pemerintah. (Foto: Humas Madina)

Hutanamale, Madina.iNews.id - Para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Koptan) Mawar Desa Hutanamale, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mendapat bantuan enam ton bibit jahe putih dari pemerintah, Rabu (30/11/2022).

Selain bibit jahe, pupuk organik sebanyak 24 ton juga dibagikan, dan diserahkan langsung oleh Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution kepada Ketua Koptan Mawar, Suphan Alwi.

Bibit bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumut ini nantinya akan ditanam dilahan seluas enam hektar.

Sukhairi berharap bantuan bibit jahe putih ini dapat meningkatkan pendapatan para petani di wilayah tersebut.

Sukhairi juga berharap agar bantuan dari pemerintah ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, bantuan jahe ini diharapkan menjadi cikal bakal pengembangan tanaman rempah di daerah itu, apalagi wilayah Desa Hutanamale dikenal dengan kondisi alamnya yang subur.

Pada kesempatan itu, warga juga sempat mengeluhkan kondisi infrastruktur jalan menuju kawasan sentra pertanian yang ada di kawasan puncak desa itu.

Menanggapi keluhan warga itu, Sukhairi akan berupaya melakukan pembangunan infrastruktur jalan di tahun 2023 mendatang.

"Pemerintah daerah akan berupaya memperbaiki infrastruktur jalan agar kesejahteraan masyarakat kita meningkat. Insya Allah 2023, paling lama ditahun 2024 kita akan berupaya membangun infrastruktur jalan, sehingga para warga kita yang berkebun di puncak ini bisa meningkat produktifitas pertaniannya," katanya.

Masalah infrastruktur jalan menuju kawasan pertanian di puncak Desa Hutanamale selama ini memang menjadi keluhan masyarakat.

Namun, setelah adanya kunjungan Bupati itu, para warga merasa lega karena keluhan mereka sudah ditanggapi oleh Bupati.

Kawasan puncak Desa Hutanamale saat ini merupakan kawasan agro wisata. Setiap akhir pekan kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Selain viewnya yang indah karena berada di kawasan puncak, lokasi ini juga dikenal merupakan daerah yang subur apalagi untuk tanaman jenis palawija seperti jagung, kol, jahe, cabai dan tanaman lainnya. 

Editor : Ahmad Chairuman

Follow Berita iNews Madina di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut