get app
inews
Aa Read Next : Sumut Duduki Peringkat 1 Pengguna Narkoba Terbesar di Indonesia

Dinkes Sumut Minta Warga Waspadai Flu Burung Clade

Jum'at, 03 Maret 2023 | 01:42 WIB
header img
Dinkes Sumut Minta Warga Waspadai Flu Burung Clade usai 1 Peternak Kalsel Terjangkit (Foto: Reuters)

MEDAN, iNews.id - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengimbau warga untuk mewaspadai flu burung clade baru 2.3.4.4b menginfeksi manusia. Hal ini usai ditemukannya kasus flu tersebut di salah satu peternakan di Kalimantan Selatan. 

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara Alwi Mujahit mengatakan dalam hal itu pihaknya bersama pemangku kebijakan terkait sudah melakukan pertemuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengambil sejumlah langkah dalam upaya pencegahan flu burung tersebut.
 

"Sesuai dengan edaran Kemenkes untuk kewaspadaan, kita sudah rapat dan menyampaikan kepada tim yang membidangi agar melakukan langkah kewaspadaan dengan mengaktifkan dan mengintensifkan surveilans, sehingga kita lebih cepat mendeteksinya," ujarnya, Senin (27/2/2023).

Alwi mengklaim untuk kasus flu burung clade baru 2.3.4.4b di Indonesia khususnya Sumatera Utara belum ditemukannya kasus tersebut. Untuk itu, Alwi mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dalam berternak. 
 

Dirinya meminta masyarakat untuk segera melaporkan apabila ada hewan ternak mati secara mendadak dengan jumlah yang banyak.

"Segera dilaporkan untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut," ujarnya. 
 

Editor : Khansa Fadli

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut