Awal tragedi terjadi saat d kokpit ada seorang co-pilot yang tidak berpengalaman, yang secara keliru percaya bahwa penerbangan telah mencapai Curicó, Chile, dan memulai penurunan prematur penerbangan ke Bandara Pudahuel.
Pada titik ini, pesawat berada sekitar 40 mil jauhnya dari titik di mana penerbangan akan mulai bersiap untuk mendarat. Terperangkap tidak sadar di tengah penurunan, pesawat bertabrakan dengan sisi gunung—memutuskan bagian ekor dan kedua sayap. Bagian tengah pesawat meluncur menuruni gletser sepanjang 725 meter, sebelum menabrak salju dan es.
Sebanyak 12 dari 45 awak dan penumpang tewas seketika. Selanjutnya 17 orang kehilangan nyawa mereka akibat suhu yang sangat dingin dan luka parah di kemudian hari, dengan 13 di antaranya tewas akibat longsoran salju kurang dari tiga minggu setelah kecelakaan. Mereka yang selamat-–sebuah kelompok secara bertahap berkurang menjadi hanya 16 orang—menghadapi penantian 72 hari yang melelahkan sebelum akhirnya mereka diselamatkan pada 23 Desember.
Lima puluh tahun kemudian, tragedi penerbangan di Andes tetap menjadi sumber intrik besar—daya tarik yang berasal dari para penyintas yang beralih ke kanibalisme agar tetap hidup.
“Tentu saja, gagasan memakan daging manusia itu mengerikan, menjijikkan,” kata Ramon Sabella (70), seorang pengusaha yang jadi salah satu korban selamat, kepada The Times.
“Sulit untuk dimasukkan ke dalam mulut Anda. Tapi kami sudah terbiasa.” Setelah kehabisan stok cokelat, permen, selai, dan anggur yang tidak seberapa—bahkan kapas yang digunakan untuk melapisi kursi pesawat—Roberto Canessa, seorang mahasiswa kedokteran, menggembar-gemborkan gagasan untuk memakan mayat yang berserakan di sekitar badan pesawat yang terdampar.
Menggunakan sepotong kaca, dia adalah orang pertama yang mengukir tubuh teman-temannya. “Saya harus pergi ke keluarga mereka nanti untuk menjelaskan,” katanya, tetapi menambahkan bahwa dia akan menganggapnya sebagai “kehormatan” jika dia meninggal.
Editor : Vitrianda Hilba Siregar