OJK Sumut Terima Ratusan Aduan Nasabah di Tengah Kinerja Perbankan Tumbuh 2 Digit

Wahyudi Aulia Siregar
OJK menerima sebanyak 261 laporan pengaduan dari nasabah sektor jasa keuangan di Sumut. Banyaknya pengaduan konsumen itu terjadi di tengah kinerja perbankan yang mampu tumbuh hingga double digit. Foto: SINDOnews 

Yusup menegaskan, di tengah tantangan pandemi COVID-19 yang belum usai, OJK tetap senantiasa menjalankan fungsi perlindungan konsumen dengan menerima dan menindaklanjuti pengaduan nasabah jasa keuangan. 

Utamanya di tengah kinerja perbankan yang cukup positif saat ini. Tercatat pada April 2022 lalu total aset perbankan di Sumatera Utara sebesar Rp324,33 triliun. 

Jumlah itu tumbuh 12,39 persen jika dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya. Sementara untuk DPK, perbankan di Sumut berhasil menghimpun dana hingga Rp304, 18 triliun hingga April 2022. Jumlah itu tumbuh 12,45 persen dibandingkan April 2021. 

Sedangkan untuk penyaluran kredit/pembiayaan perbankan pada April 2022 mencapai Rp231, 83 triliun atau tumbuh 6,66 persen dibandingkan April 2021. 

"Pertumbuhan penyaluran kredit/pembiayaan ini terjadi di tengah profil risiko perbankan yang tetap dapat dijaga dengan baik. Yang tercermin dari rasio gagal bayar (non performing loan/NPL) gross yang turun hingga di bawah 3 persen, yaitu sebesar 2,5 persen," tukasnya.

Editor : Abdulloh Hilmi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network