KMP Royce 1, Terbakar di Selat Sunda

Khansa Fadli
Evakuasi penumpang KMP Royce 1 yang terbakar di Selat Sunda, Sabtu (6/5/2023). Foto: Istimewa)

MERAK, iNews.id - Kapal feri penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni, KMP Royce 1, terbakar di Selat Sunda, Sabtu (6/5/2023). Sebanyak sembilan orang luka-luka.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Didik Hariyanto, mengatakan manifestasi penumpang berjumlah lima orang pejalan kaki serta 135 orang dalam 79 kendaraan.

"Ini sesuai manifestasi yang kami terima," ujar Didik, Sabtu (6/5/2023).

Sebanyak empat korban di antaranya dirawat di RSKM Cilegon. Sedangkan lima lainnya menjalani perawatan di Puskesmas Merak.
 

"Dari Biddokkes Polda Banten telah menurunkan dua tim yaitu tim kesehatan lapangan dan tim DVI untuk memudahkan evakuasi. Sampai dari hasil evakuasi belum ada korban yang ditemukan meninggal dunia," ujar Didik.
 

Dia mengatakan, Ditpolairud Polda Banten telah mengerahkan personel dan kapal TB Tirtayasa III untuk melakukan evakuasi bersama Lanal Banten, Basarnas, Damkar Kota Cilegon, dan BPTD.

Sementara, api yang diduga berasal dari percikan di salah satu truk juga sudah dipadamkan. Saat ini polisi tengah menyelidiki insiden tersebut.

Sebelumnya, KMP Royce 1 kapal penyeberangan Pelabuhan Merak, Banten-Bakauheni, Lampung terbakar di perairan Selat Sunda, Sabtu (6/5/2023) pukul 15.04 WIB.
 

Kasi Operasi Basarnas Banten Heru mengatakan, sumber api dari kebakarankapal ini berasal dari truk yang menjadi muatan dalam KMP Royce 1 Flag berbendera Indonesia nomor MMSI 525100336 milik PT DLB.
 

Kronologi kejadian berawal saat KMP Royce 1 izin ke LPS di atas kapal terjadi insiden kebakaran dan meminta bantuan tugboat untuk penanganan segera pada pukul pukul 15.04 WIB. Tak berselang lama pukul 15.10 WIB, kemudi sudah tidak berfungsi (error) dan satu mesin kapal sudah mati.

 

Editor : Khansa Fadli

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network