get app
inews
Aa Read Next : Tanda Kiamat Sudah Dekat, Ini Hadis-Hadis tentang Fitnah Besar 

Wasiat Rasulullah: 5 Faedah Taat di Waktu Muda, Dijaga Allah Saat Tua

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 18:51 WIB
header img
Taat di Waktu muda, akan dijaga di saat tua. (Foto: ilustrasi)

Madina.iNews.id – Mungkin Anda pernah mendengar seseorang yang berkata,”Jangan sia-siakan masa mudaku, kelak sudah tua penyesalan tiada guna.” Ya, agama Islam mengajarkan agar di masa muda senantiasa diisi  dengan ketaatan pada-Nya. 

Jika seseorang baik laki-laki atau perempuan, menjaga hak Allah pada waktu muda dan masih kuat, Allah akan menjaganya pada waktu tua dan lemah. Allah akan terus menjaga pendengaran, penglihatan, daya, kekuatan, serta kecerdasan. 

Dalam buku 'Washaya Rasulullah Shallalahu 'Alaihi wa Sallam Lirrijal' karya Muhammad Khalil Itani disebutkan bahwa Rasulullah berwasiat kepada para lelaki (termasuk perempuan) agar masa tuanya dijaga Allah Ta'ala. Rasulullah berwasiat agar selalu menjaga keistiqomahan dalam beribadah dan menjaga akhlak. Lalu senantiasa bertakwa kepada Allah, dan beramal ma'ruf nahi Munkar. 

Wasiat Rasulullah yang lain adalah bertaubat kepada Allah, bersuci dengan baik untuk dirinya, selalu berzikir dan berdoa, berjiwa sosial, berilmu dan suka berdakwah, dan tidak berbuat zalim. Jika seorang di masa mudanya menjaga kebaikan itu, maka Allah Ta'ala akan menjaganya. 

Ada suatu nasihat yang pernah disampaikan oleh Nabi Shallalahu 'Alaihi wa Sallam Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma. Potongan hadisnya adalah : "Jagalah hak Allah, niscaya Allah akan menjagamu.” (HR. Tirmidzi, dan Ahmad). 

Editor : Ahmad Chairuman

Follow Berita iNews Madina di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut