get app
inews
Aa Read Next : Tanda Kiamat Sudah Dekat, Ini Hadis-Hadis tentang Fitnah Besar 

Wasiat Rasulullah: 5 Faedah Taat di Waktu Muda, Dijaga Allah Saat Tua

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 18:51 WIB
header img
Taat di Waktu muda, akan dijaga di saat tua. (Foto: ilustrasi)

Ibnu Rajab rahimahullah pernah menceritakan, bahwa sebagian ulama ada yang sudah berusia di atas seratus tahun, namun ketika itu mereka masih diberi kekuatan dan kecerdasan. Diceritakan bahwa di antara ulama tersebut pernah melompat dengan lompatan yang amat jauh. Ulama tersebut mengatakan bahwa anggota badannya selalu dijaga, agar jangan sampai berbuat maksiat di kala dia muda. Balasannya, Allah menjaga anggota badannya ini di waktu tuanya. 

Namun ada orang yang sebaliknya, sudah berusia senja, jompo, dan biasa mengemis pada manusia. Para ulama pun mengatakan tentang orang tersebut: “Inilah orang yang selalu melalaikan hak Allah di waktu mudanya, maka Allah pun melalaikan dirinya di waktu tuanya.” (dalam kitab Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam). 

Karena itulah seseorang muslim dituntut memiliki kemauan beribadah dan taat kepada Allah sewaktu muda. Berbuat baik dalam seluruh aspek kehidupannya. Agar ketika sudah tua dan jompo, Allah Subhanahu wa Ta'ala tetap menjaganya hingga menemui husnul khatimah. 

Wallahu A'lam


 

Editor : Ahmad Chairuman

Follow Berita iNews Madina di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut