Mustapa Bebas, Kuasa Hukum Sesalkan Lambannya Proses Pembebasan

Indra Mulia Siagian
Mustapa Kamal Siregar yang menjabat sebagai Kepala Seksi Mutasi Badan Kepegawaian Daerah Kota Padangsidimpuan akhirnya menghirup udara bebas, Senin  (5/8/2024) sore. Foto: Indra Mulia Siagian

PADANGSIDIMPUAN, iNewsMadina.idMustapa Kamal Siregar yang menjabat sebagai Kepala Seksi Mutasi Badan Kepegawaian Daerah Kota Padangsidimpuan akhirnya menghirup udara bebas, Senin  (5/8/2024) sore.

Amatan wartawan, tangis haru pihak keluarga pun tampak kala warga Jalan Mustafa Harahap, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara ini keluar dari balik Lapas Klas II B Padangsidimpuan. Mereka tak henti-hentinya memeluk Mustapa yang ditahan sejak 3 Juli 2024 lalu.

Bebasmya Mustapa ini setelah Hakim Tunggal, Irfan Hasan Lubis membacakan amar putusan perkara No.5/Pid.Pra/2024/PN.Psp di Ruang Tirta Pengadilan Negeri Padangsidimpuan, Senin (5/8/2024) pagi. Dalam amar putusannya, Majelis Hakim menolak eksepsi Termohon III (Kepala Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan) untuk seluruhnya.

Sementara dalam hal pokok perkara, Hakim PN Padangsidimpuan mengabulkan permohonan Pemohon (Mustapa Kamal Siregar) untuk sebagian. 

Menyatakan Surat Penetapan Tersangka dan Surat Penahanan terhadap Pemohon  adalah tidak sah dan batal demi hukum. Memerintahkan kepada Termohon III untuk mengeluarkan Pemohon dari tahanan, segera setelah putusan perkara ini dibacakan.

Membebankan semua biaya perkara Praperadilan ini kepada negara. Menolak permohonan Praperadilan Pemohon untuk selain dan selebihnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum Mustapa, Marwan Rangkuti menyayangkan lambannya kinerja Kejari Padangsidimpuan dalam mengurus pembebasan Mustapa. Pasalnya, Majelis Hakim membacakan amar putusannya tersebut sekira pukul 11.30 WIB namun terkait administrasi pembebasannya tersebut dilaksanakan pukul 19.30 WIB.

“Kita sangat menyayangkan lambannya ini. Karena dari tadi siang itu dibacakan amar putusannya,” ucapnya.
Tak pelak, Marwan mengaku akan membawa hal ini ke Kejaksaan Agung beserta putusan pengadilan. “Akan kita bawa ini ke Kejagung dan Jamwas. Karena ini menjadi bukti kita,” pungkasnya.

Sebelumnya, Mustapa Kamal Siregar melayangkan Pra Peradilan ke Pengadilan Negeri Padangsidimpuan terhadap penetapan tersangka terhadap dirinya oleh Kejari Padangsidimpuan. Dalam perkara nomor 05/Pid.Pra/2024/ PN.Psp dengan termohon 1 yakni Jaksa Agung, termohon 2 Kajati Sumatera Utara dan termohon 3 Kajari Padangsidimpuan, Lambok MJ Sidabutar.
 
Dimana, dalam perkara tersebut menyebutkan Mustapa ditangkap saat di Kantor Walikota Padangsidimpuan pada 3 Juli 2024. Kala itu, Mustapa dipanggil atasannya untuk menjumpai Sekda Kota Padangsidimpuan sekira pukul 15.30 WIB. Alhasil, sekira pukul 15.45 WIB dirinya tiba di Kantor Walikota Padangsidimpuan dan langsung berjalan menuju ruang Sekda Kota Padangsidimpuan.
 
Namun sekira 5 hingga 10 kemudian, tiba-tiba datang beberapa orang dari kejaksaan yang langsung memegang tangannya dan langsung membawanya ke Knator Kejari Padangsidimpuan tanpa memperlihatkan surat apapun.
Setelah menjalani pemeriksaan, pria yang menjabat sebagai Kasi Mutasi BKD Padangsidimpuan ini kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan dijebloskan ke balik jeruji besi.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network